Sambutan Ketua Umum

Bismillahirrahmanirrahim

Assalamualaikum wr.wb

Kami ucapkan selamat datang di Website HMI Komisariat FISIPOL UGM.

Hari ini gerakan mahasiswa menghadapi zaman baru. Di tengan masyarakat digital, penguasaan informasi dan media menjadi begitu penting. Gerakan mahasiswa ditantang untuk menampilkan nilai-nilai dan perjuangannya dalam bahasa zaman. Pengembangan website ini menjadi ikhtiar kami untuk terus menjaga api pergerakan di tengah angin perubahan yang terus berhembus.

Website HMI sebagai wajah perkaderan akan mempublikasikan setiap aktivitas perkaderan HMI Komisariat FISIPOL UGM, seperti: liputan kegiatan, rilis, rangkuman diskusi, serta tulisan-tulisan kader. Kami berharap perjuangan literasi dan penyebaran syiar HMI dapat terbantu.

Fokus HMI Komisariat FISIPOL UGM hari ini adalah mengembangkan cara berpikir yang kritis. Karena kami memandang musuh terbesar hari ini adalah rezim pengetahuan. Dahulu kita bisa menuding dengan jelas musuh yang kita hadapi. Sebagai gambaran, pada masa kolonial, musuh yang harus ditumbangkan begitu jelas: penjajah. Sementara pada masa Orde Baru, gerakan mahasiswa berhadapan melawan rezim otoriter. Sementara hari ini kita menghadapi musuh yang hampir tak berupa: cara berpikir yang melegitimasi ketidakadilan dan penindasan.

Pada ranah pemikiran Islam, juga ada keprihatinan yang kami rasakan: keberislaman hari ini menjadi begitu domestik dan individual. Keberislaman kita berhenti hanya pada ranah mental-spiritual, tetapi tidak mampu menjawab persoalan material yang berlangsung di tengah masyarakat. Kecenderungan kapitalisasi dan politisasi agama juga menjadi semakin kuat. Permasalahan yang begitu besar ini perlu dijawab dengan ikhtiar terus menerus, mengembangkan pembaharuan pemikiran Islam yang kritis dan mampu membedah persoalan riil di tengah masyarakat. Proses membangun itu kami upayakan dengan segala kemampuan seorang pembelajar dengan berdiskusi dan menulis gagasan. Website ini kami harapkan mampu merangkum gambaran usaha kami tersebut. Dan semoga media ini dapat menjadi suluh yang mencerahkan.

Semoga Allah meridhoi perjuangan kita. Amin.
Wassalam,

Galih Kartika Ade Saputra

Ketua Umum HMI Komisariat FISIPOL UGM 2017-2018