Klik untuk mengunduh Notulen Kelas Kepenulisan Esai

Hari Selasa ini (11/04), Sekretariat HMI Fisipol UGM mengadakan kelas kepenulisan kedua. Kelas kepenulisan ini di mentori oleh Muhidin M Dahlan. Penulis Essay, Buku “Inilah Essay” dan Penggiat Literasi. Beliau menjadi mentor pada sesi kelas yang dihadiri oleh calon anggota baru dan juga anggota aktif HMI Fisipol UGM.

Dalam penyampaiannya, Muhidin menekankan syarat utama menjadi penulis yang baik adalah kemampuan untuk membaca fenomena dan kondisi aktual di lingkungan sekitar. Karena awal dari menulis yang baik adalah menyerap segala informasi yang ada di sekeliling anda. Setelah anda mendapatkan bahan bacaan dan juga rutin mendapatkan Informasi dari Koran, Media Sosial dan Media Daring, langkah selanjutnya adalah fokus.

Fokus yang dimaksudkan disini adalah setiap individu yang menulis diharapkan fokus di bidang yang dikuasainya. Misal jika anda seorang mahasiswa dari depatremen Politik dan Pemerintahan. Segala tulisan yang anda produksi harus berhubungan dengan Politik dan Pemerintahan. Fenomena apa yang coba anda tulis, kaitkan dengan Politik dan Pemerintahan. Cara ini akan menjadikan anda pakar menulis dalam bidang yang anda pilih.

   

141 views